Mengenal Macam-Macam Browser

Selasa, 17 Februari 2009

Browser merupakan program yang dirancang untuk menampilkan informasi dari sebuah server komputer pada jaringan internet. Macam-macam browser : Netscape Navigator (Netscape Communication), Internet Explorer (Microsoft), Opera (Opera Software ASA), Mozilla Firefox (Google).

Macam-macam browser berbasis:

Browser berbasis Gecko
Mozilla
Netscape Navigator (versi 6 dan selanjutnya)
Mozilla Firefox (sebelumnya bernama Firebird dan Phoenix)
Galeon, browser default GNOME sebelumnya
Epiphany, browser default GNOME saat ini
Camino untuk Mac OS X (sebelumnya bernama Chimera)
K-Meleon untuk Windows
Kazehakase browser web GTK2 yang sangat ringan untuk GNU/Linux
Beonex Communicator
Browser Web IBM untuk OS/2
Aphrodite
Salamander
Skipstone
BackArrow (berbasis Skipstone)
Browser berbasis Internet Explorer
Internet Explorer
Chakra Browser
Avant Browser
Crazy Browser
iRider
MSN Explorer
Maxthon (sebelumnya bernama MyIE2)
NeoPlanet
NetCaptor
Windows Explorer
Tablane Browser
versi-versi browser yang diikutkan pada antarmuka AOL
rowser berbasis GRML
Pioneer Report MDI
Tree MDI
Bar Graph MDI
Browser berbasis KHTML
Konqueror
Safari
ABrowse
OmniWeb (4.5 and later)
SkyKruzer
Shiira
Browser lainnya
Netscape Navigator (sebelum versi 6)
Opera
Enigma browser
Oregano
Amaya
iCab
NetPositive
OmniWeb
Dillo
IBrowse
AWeb
Voyager
Espial Escape
HotJava
Arachne
Off By One
Emacs/W3
Grail
My Kids
Advanced
Fast Browser Pro
GoSuRF
XANA Web Browser
FastStone
Freeware Browser (namanya memang freeware)
32bit
Cygsoft LDAP
Ideal
The Nubonyx
Dimension
Berbasis Handphone
Doris Browser (untuk nokia 7650)
Berbasis teks
Lynx
Links
ELinks
w3m
Netrik
Browser lama yang tidak lagi dikembangkan
WorldWideWeb
Mosaic
AMosaic
Arena
Cello
CyberDog
IBM Web Explorer
MidasWWW
Viola
WebRouser
MacWeb

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal.

Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.

Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.

Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser.

Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.

Mozilla Firefox sekarang telah sampai ke versi 2.0. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.

Netscape Navigator

Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh.

Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.

Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.

Internet Explorer

Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi ter-update untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX,tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.

Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai browser default di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.

Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah diupdate dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk mengupdate

OPERA

Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala.

Opera, sekarang ini telah menjadi browser akternatif yang tidak banyak berbeda dari versi pendahulunya. Opera 9.60 beta 1 untuk Windows dan Mac kini telah memiliki banyak fitur dan diklaim loading lebih cepat dari versi sebelumnya. Fitur yang paling menonjol dari adanya Opera 9.60 beta 1 adalah adanya mode low-bandwith untuk Opera Mail.

Mode low-bandwith ini memang secara tidak langsung membuat user tidak tertarik lagi, terutama bagi mereka yang sangat mementingkan batasan bandwith, maka mode ini menawarkan hal yang berbeda dari account IMAP dan POP. Pengguna IMAP akan melihat mode batasan ini untuk download email, khususnya hanya untuk pesan baru, dan attachment. Sedangkan pengguna POP akan melihat pesan terurut mulai dari pesan baru hingga 100 pesan dibawahnya.

Fitur lainnya dari Opera 9.60 beta 1 bernama Follow atau Ignore. Ignore memudahkan user untuk mengatur contact yang tidak penting, sehingga user tidak perlu mendowload email dari nama contact tersebut. Sedangkan Follow lebih berfokus pada pesan dari orang yang penting bagi user. Fitur Follow tidak akan menghapus pesan dari contact Ignore yang ada di server user, namun akan meninggalkan email tidak penting tersebut di sana, sehingga user masih dapat mengecek atau membacanya. Namun, tidak ada informasi mengenai limit kapasitas dari account mailbox ini.

RSS feed dari browser Opera merupakan fitur aplikasi RSS stand-alone. Kemudian ada layanan sinkronisasi, Opera Link, yang support dengan search engine dan history URL. Hal ini berarti jika user mengetikkan sesuatu di location atau search bar, maka user dapat melihat sinkronisasinya ke computer yang digunakan user. Selain itu, juga terdapat perbaikan bug, dan jika user ingin mengupdate Opera dapat ke situs Download.com. (h_n)

Comments

One response to “Mengenal Macam-Macam Browser”
Post a Comment | Poskan Komentar (Atom)

Bisnis Pulsa Eranet mengatakan...

Wah, lengkap bgt bos infonya tentang browser. Thanks! :)

7 Oktober 2009 19.23

Poskan Komentar

komen ya
jangan ga komen luh
yg saya pastikan komen denagn url dan nama